Search by category:
Kesehatan

10 Penyebab Kantung Mata Hitam

Jangan Salah! Cek Penyebab Kantung Mata Hitam Berikut Supaya Bisa Dihindari

Banyak wanita yang merasa terganggu dengan mata panda atau kantung mata mereka. Namun, sebagian besar tidak menyadari penyebab kantung mata hitam dan terus melakukan aktivitas yang salah. Munculnya kantung mata menyebabkan ketidaknyamanan karena dapat merusak kepercayaan diri seorang wanita. Mereka terlihat jauh lebih tua, lusuh serta kurang menarik. Oleh sebab itu, kaum wanita wajib mengetahui apa sajakah yang bisa menyebabkan area kantung mata menjadi hitam.

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Harus Anda Tahu

Kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai penyebab mata panda bisa membuat Anda salah mengambil keputusan dan solusi. Salah satunya adalah terus menerus melakukan aktivitas yang memperburuk kondisi kantung mata Anda.

Ditambah lagi, pemakaian kosmetik yang keliru akan semakin membuat kantung mata nampak buruk. Oleh sebab itu, mari kenali hal-hal apa sajakah yang bisa membuat kantung mata menjadi hitam. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Konsumsi Kopi Berlebihan

Kopi sudah menjadi minuman yang dikonsumsi secara umum dan luas. Hampir semua orang mengonsumsi minuman berkafein ini baik pria ataupun wanita. Konsumsi kopi yang berlebihan hingga di atas 5 cangkir sehari bisa menjadi salah satu penyebab kantung mata hitam.

Meskipun ditengarai mampu mencegah kantuk dan menambah energi, tak ayal konsumsi kopi berlebih juga dapat menyebabkan hal negatif. Salah satunya adalah mengalami dehidrasi, mudah lelah hingga mempengaruhi kondisi dan kesehatan kulit terutama area mata. Jadi, pastikan Anda membatasi minum kopi ya.

  1. Memiliki Alergi

Salah satu gejala alergi selain gatal di seluruh tubuh adalah munculnya kantung mata atau lingkaran hitam di sekitar mata. Bagi yang tidak tahan dengan rasa gatalnya dan menggaruk berlebihan, lingkaran hitam sekitar mata akan semakin tebal.

Solusinya, Anda harus menghindari makanan-makanan yang memicu munculnya alergi serta mempersiapkan obat ketika gejalanya datang.

  1. Keturunan atau Faktor Genetika

Penyebab kantung mata hitam selanjutnya adalah faktor keturunan atau genetika yang didapatkan dari orang tua. Dalam kondisi ini, kantung mata hitam sudah muncul bahkan ketika seseorang masih muda.

Pada dasarnya, faktor genetika ini terlihat karena pigmentasi di sekitar mata. Bisa juga karena bentuk tulang mata yang membuat mata nampak lebih gelap. Untuk penyebab yang satu ini, tidak banyak solusi yang bisa digunakan. Anda hanya bisa menyamarkannya menggunakan kosmetika berupa eye cream atau concealer.

  1. Tidak Membersihkan Riasan di Malam Hari

Jika Anda langsung tidur di malam hari tanpa membersihkan wajah, jangan kaget kalau kantung mata semakin menghitam setiap harinya. Riasan akan membuat kulit wajah menjadi pengap dan tidak bisa bernafas.

Selain kantung mata yang semakin menghitam, malas membersihkan wajah sebelum tidur juga akan menyebabkan masalah kulit wajah lainnya. Jerawat, flek, minyak berlebih dan lain sebagainya. Jadi, yakin masih malas mencuci wajah di malam hari?

penyebab-kantung-mata-hitam

  1. Kurang Istirahat

Salah satu penyebab kantung mata hitam yang paling sering ditemui adalah kurangnya waktu tidur atau istirahat. Aliran darah di sekitar mata jadi melambat sehingga memunculkan area kehitaman.

Bawah mata pun terlihat berkantung karena rasa lelah. Salah satu solusi singkatnya adalah mengompres kantung mata tersebut dengan air dingin. Hal ini bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih rileks dan melancarkan sirkulasi darahnya kembali.

  1. Kurang Asupan Air Putih

Jika Anda tidak rutin minum air putih sebanyak 1,5 – 2 liter sehari, bersiaplah untuk memiliki kulit kusam dan kantung mata hitam. Tubuh kita terdiri dari air  sebanyak 70%. Oleh sebab itu, saat kita dehidrasi karena kekurangan cairan, tubuh akan menjadi mudah lelah.

Organ tubuh yang pertama merespon rasa lelah karena dehidrasi adalah area mata. Pembuluh darah di sekitar mata menjadi lebar namun sirkulasinya melambat. Hal ini adalah penyebab mata panda yang paling banyak dilakukan.

  1. Terpapar Sinar Matahari

Tidak hanya berpengaruh terhadap warna kulit secara keseluruhan, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan perubahan warna pada kantung mata. Jika Anda tidak ingin terlihat lebih tua atau mengalami penuaan dini, jangan lupa mengaplikasikan tabir surya saat harus beraktivitas di bawah sinar matahari.

  1. Posisi Tidur Tengkurap

Beberapa orang tidak menyadari bahwa tidur tengkurap merupakan salah satu penyebab kantung mata hitam. Tidur dalam posisi tengkurap dapat menyebabkan retensi cairan yang ada di bawah mata. Lama kelamaan hal ini akan menimbulkan perubahan warna di sekitar mata.

  1. Mencuci Wajah Pakai Air Panas

Tahukah Anda bahwa mencuci wajah dengan air panas akan membuat pigmentasi menjadi lebih cepat. Apalagi area di sekitar mata dimana kulitnya sangat sensitif terhadap suhu. Lingkar hitam di sekitar mata Anda akan semakin sulit untuk dihilangkan.

  1. Kebiasaan Menggosok Mata

Kulit di area bawah mata sangat sensitif dan tipis. Maka dari itu, gosokan selembut apapun dapat menyebabkan kerusakan. Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan menggosok mata, reaksi inflamasi bisa menjadi penyebab kantung mata hitam.

 

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam

Selain masalah genetika, kantung mata hitam sebenarnya masih bisa diatasi. Kondisi ini bukanlah tanpa solusi. Ada banyak cara bagi Anda yang ingin mengembalikan warna kantung mata seperti semula. Meskipun tidak sepenuhnya, cara-cara berikut ini terbukti bisa mengurangi warna hitam di sekitar mata. Diantaranya adalah :

  1. Kompres Air Dingin

Sebelumnya, telah disinggung sedikit hal tentang mengurangi kantung mata dengan cara dikompres air dingin. Anda bisa mengompres kantung mata dengan air dingin sesaat sebelum tidur sambil memijit-mijitnya. Anda juga bisa menggunakan kantung teh atau potongan mentimun yang sudah didinginkan terlebih dahulu.

  1. Tambahkan Bantal

Perbaiki posisi tidur yaitu dengan menambahkan bantal supaya posisi kepala sedikit terangkat. Posisi ini akan mencegah cairan terkumpul di sekitar mata sehingga tidak memunculkan kantung mata. Pastikan Anda menghindari penyebab mata panda yaitu tidur tengkurap.

  1. Tingkatkan Asupan Kalium

Kalium dapat membantu mengurangi cairan berlebih terutama yang ada di area sekitar mata. Salah satu cara terbaiknya adalah mengonsumsi sumber makanan kalium seperti yogurt, kacang, pisang atau sayuran hijau.

  1. Gunakan Krim Mata

Jika kantung mata Anda dirasa terlalu tebal dan hitam, salah satu solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan krim mata. Krim ini akan membantu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab warna hitam di sekitar mata.

Info Penting !!

dkm cream solusi mata panda

  1. Perbanyak Minum dan Cukup Istirahat

Solusi paling mudah saat kantung mata Anda menghitam akibat kelelahan adalah mengonsumsi banyak air putih dan tidur cukup. Anda membutuhkan setidaknya 7 – 8 jam waktu untuk beristirahat.

  1. Teknologi Laser

Jika Anda ingin menghilangkan kantung mata dengan cepat, solusinya adalah menggunakan teknologi laser. Perawatan ini cukup efektif mengurangi warna hitam di area sekitar mata.

 

Itulah beberapa penyebab kantung mata hitam yang bisa Anda pelajari. Setelah membaca informasi ini, diharapkan Anda bisa menghindari hal-hal apa saja yang bisa memperburuk kondisi kantung mata. Wajah yang menyenangkan bukan wajah yang cantik atau rupawan, namun wajah yang bersih dan nampak segar berseri tanpa kantung mata hitam.

Post Comment

Open chat
Tanya Kami By Chat WA
Hallo ada yang bisa kami bantu