Amankah Hidroquinon untuk Wajah?

Amankah Hidroquinon untuk Wajah?

Produk perawatan kulit wajah selalu laris manis dicari oleh para wanita, salah satu yang marak adalah krim hidrokuinon. Tapi amankah hidroquinon untuk wajah? Menjawab pertanyaan ini tentu saja Anda harus tahu apa itu hidrokuinon sendiri.

 

Pertanyaan mengenai keamanan hidroquinon mulai muncul karena pernyataan dari lembaga pengawas obat-obatan di Amerika atau FDA. Mereka mengatakan bahwa hidrokuinon menjadi penyebab penyakit hati dan ginjal melalui percobaan yang telah dilakukan.

 

Padahal sebelumnya hidrokuinon yang masih dalam batas wajar yaitu 2% dianggap aman. Dengan adanya pernyataan baru ini banyak orang yang akhirnya meragukan penggunaan krim yang mengandung hidroquinon.

 

Amankah Hidroquinon untuk Wajah Bisa Tampil Lebih Cerah

 

Mendambakan kulit wajah yang bersih, cerah bebas flek hitam sangat wajar. Bahkan kini bukan hanya kaum wanita saja yang menginginkannya. Demi mendapatkan hasil kulit wajah yang cerah berbagai kosmetik yang menyatakan mampu menyamarkan bintik hitam dan mencerahkan wajah pun digunakan.

 

Semua kosmetik tersebut mengandung zat pemutih dan salah satunya adalah hydroquinon. Pertanyaan amankah hidroquinon untuk wajah yang bermunculan bisa diketahui jawabannya dengan mengetahui apa itu hydroquinone dan bagaimana cara kerjanya.

 

Mengenal Hydroquinone dan Cara Kerjanya pada Kulit

 

Hidrokuinon adalah golongan obat yang fungsinya mengatasi flek atau bercak hitam pada kulit. Flek hitam disebabkan oleh menumpuknya melanin atau disebut dengan hiperpigmentasi. Kondisi kulit hiperpigmentasi ini bisa diatasi dengan penggunaan skin care yang mengandung hydroquinone.

 

Sebagai obat pencerah kulit dijual dalam bentuk krim. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi melanosit dalam tubuh. Melanosit merupakan sel pigmen atau melanin yang terdapat pada lapisan terluar kulit. Fungsi dari melanin adalah sebagai perlindungan sinar uv.

 

Sebagai ganti perlindungan yang diberikan melanin kulit menjadi berwarna lebih gelap. Lalu bagaimana dengan melanin orang yang aslinya berkulit putih? Mereka biasanya tidak memiliki kantung melanin jadi apabila terkena sinar uv terlalu sering risiko kanker yang dihadapi jadi lebih tinggi.

 

Bersyukurlah karena orang Indonesia memiliki kantung melanin tinggi sehingga kulit mudah menjadi gelap ketika terkena sinar uv berlebihan. Melanin dalam kulit akan terbentuk karena enzim tirosinase. Disinilah hidroquinon akan bekerja yaitu menghambat perkembangan enzim.

 

Lalu dilihat dari cara kerjanya, amankah hidroquinon untuk wajah?Tentu saja aman karena tujuannya adalah menekan produksi enzim tirosinase yang membentuk melanin. Kulit wajah memang menjadi putih, hanya saja ada efek samping yang didapatkan.

 

Selain itu penggunaan dari hidroquinon juga harus sesuai dengan resep dokter karena termasuk obat keras. Walaupun khasiatnya cukup baik untuk mengatasi masalah kulit pada wajah seperti bekas jerawat, bintik hitam karena faktor usia, melasma, bekas peradangan dan masih banyak lagi.

amankah hidroquinon untuk wajah anda

Efek Samping yang Bisa Ditimbulkan Hidrokuinon

 

Soal amankah hidroquinon untuk wajah sebenarnya tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Ada beberapa efek samping hydroquinone yang perlu disadari supaya penggunaannya tidak salah.

 

Efek samping ini tidak selalu muncul ketika Anda menggunakannya dengan tepat. Beberapa efek juga berbeda di kulit setiap orang karena jenis selalu beragam. Adapun efek samping yang akan langsung dirasakan adalah kulit menjadi kemerahan, kering dan terasa terbakar.

 

Beberapa orang juga merasakan kulit seperti tersengat, itu artinya penggunaan krim hydroquinone berlebihan. Bisa juga tidak cocok dengan tipe kulit Anda. Tidak heran ketika sekali penggunaan ternyata muncul gejala buruk tersebut Anda harus segera menghubungi dokter untuk mengatasinya.

 

Selain itu penggunaan krim dalam jangka panjang kebanyakan tidak disarankan. Jika pergi ke dokter kulit biasanya hanya akan disarankan penggunaan selama dua hingga tiga bulan saja. Dalam kurun waktu tersebut seharusnya warna kulit wajah akan pelan-pelan berubah.

 

Cara Aman Menggunakan Krim yang Mengandung Hydroquinone

 

Supaya tidak muncul efek samping pada kulit, cara menggunakan hydroquinon harus benar. Pertama Anda harus mengikuti aturan pakai yang disarankan oleh dokter. Kedua selama penggunaan jangan ragu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter.

 

Ada dosis dan aturan pemakaian yang benar dan pastikan kamu menggunakan hidroquinon BPOM. Karena saat ini banyak juga krim yang bermerek hidroquinon tetapi merupakan produk abal-abal yang harus diwaspadai.

 

Soal dosisnya, krim yang digunakan harus memiliki kandungan 2 hingga 4 persen saja. Jika Anda menggunakan krim bermerk, coba cek pada bagian ingredients apakah kandungannya sudah benar.

 

Kemudian krim ini hanya boleh digunakan untuk orang yang berusia di atas 12 tahun. Jadi tidak baik jika diaplikasikan pada kulit bayi atau anak-anak. Proses pengolesannya sendiri adalah setiap 12 jam yaitu pada pagi dan malam hari.

 

Untuk tahu amankah hidroquinon untuk wajah Anda akan lebih baik untuk mencobanya terlebih dahulu. Percobaan tidak langsung diaplikasikan pada wajah tetapi pada lengan untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan reaksi alergi.

 

Caranya adalah dengan mengoleskan hidroquinon pada bagian lengan dan diamkan selama 24 jam. Apabila tidak muncul reaksi apapun artinya krim tersebut cocok digunakan. Reaksi alergi muncul maka selama penggunaan Anda akan merasa gatal bahkan bisa melepuh.

 

Apabila melakukannya dengan benar, maka pertanyaan amankah hidroquinon untuk wajah Anda, maka tentu saja aman. Selain itu selama penggunaan yang tidak menimbulkan reaksi alergi Anda harus tetap menjaga kebersihan.

 

Misalnya sebelum mengaplikasikan, bersihan terlebih dahulu area kulit. Setelah menggunakan Anda juga harus segera cuci tangan. Jangan lupa untuk rutin menggunakan tabir surya ketika keluar rumah dengan SPF 30. Karena kandungan melanin dalam kulit akan menurun sehingga perlindungan terhadap sinar uv akan berkurang.

bahaya-skincare-abal-abal

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Hidroquinon

 

Masih ragu soal amankah hidroquinon untuk wajah? Ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan sebelum Anda menggunakannya. Hal ini biasanya akan ditanyakan oleh dokter sebelum Anda mendapatkan resep untuk membeli obat hydroquinon.

 

Apa saja lima hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan hydroquinon?

  1. Hydroquinon tidak dianjurkan ketika Anda sedang mengalami biang keringat, luka terbuka pada kulit, iritasi, atau terasa panas karena terbakar matahari.
  2. Apabila Anda memiliki alergi sulfat dan obat tertentu sebaiknya ceritakan terlebih dahulu oleh dokter untuk mengetahui kecocokan penggunaannya.
  3. Anda harus konsultasi terlebih dahulu jika memiliki riwayat penyakit asma, ginjal, hati, atau sakit kulit lainnya.
  4. Tabir surya wajib digunakan selalu ketika Anda melakukan aktivitas luar. Akan lebih baik untuk menghindari banyak aktivitas yang terpapar matahari selama pengobatan.
  5. Apabila Anda sedang mengkonsumsi obat antibiotik atau menjalani perawatan lainnya maka harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

 

Menggunakan obat krim hidroquinon memang diperbolehkan asal masih dalam pengawasan dokter. Oleh karena itu untuk mendapatkan produk krim obat ini tidaklah mudah harus dengan resep dokter.

 

Mengenai amankah hidroquinon untuk wajah Anda bisa segera mendapatkan hasilnya asalkan didampingi oleh dokter. Selain itu pembelian krim harus yang asli, jika mendapatkan krim tanpa resep dokter dengan mudah, bisa saja itu adalah produk palsu. Jadi selalu berhati-hatilah untuk menentukan produk perawatan kulit yang aman.

Open chat
Tanya Kami By Chat WA
Hallo ada yang bisa kami bantu