Search by category:
Tips

Bahaya Skincare Abal-Abal, Bikin Kulit Rusak Parah

Semakin banyak produk perawatan kulit yang dijual online dengan harga murah tanpa merk yang jelas. Sebelum beli, kamu wajib tahu bahaya skincare abal-abal yang merknya saja tidak terdaftar di BPOM.

Apalagi produk perawatan kulit berbeda dengan kosmetik yang hanya digunakan beberapa jam kemudian bisa dihapus. Skincare adalah produk perawatan yang penggunaannya berkala dan membutuhkan waktu lama untuk mengetahui hasilnya.

Tanpa kamu sadari setelah menggunakan skincare tanpa merk yang jelas, kulit akhirnya sudah rusak parah. Sulit untuk mengembalikan kesehatan kulit, belum lagi biaya pengobatan yang semakin mahal. Terlebih lagi untuk kulit wajah.

 

Bahaya Skincare Abal-Abal yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

 

Mau punya kulit putih, lantas kamu mencari produk perawatan kulit yang harganya belasan ribu di internet. Produk tidak ada merk dan kemasannya tidak memiliki logo, produk juga dikirim dari luar negeri. Karena murah kamu tak berpikir panjang lagi untuk membelinya.

Setelah beberapa hari menggunakan, kulit bukannya tambah putih tapi justru semakin banyak flek hitam. Inilah akibatnya jika kamu menggunakan krim abal-abal dan bukan hanya kamu saja korbannya tapi sudah banyak wanita di Indonesia yang mengalaminya.

Bagi kamu yang belum tahu apa saja bahaya skincare abal-abal dan masih berniat untuk membelinya, sebaiknya cari tahu dulu efek samping yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini bahaya yang akan kamu alami jika masih nekat menggunakannya.

 

7 Akibat Skincare Abal-abal Terhadap Kulit dan Perkembangan Tubuh

1. Iritasi kulit 

Iritasi pada kulit adalah masalah yang paling mengganggu. Kamu jadi tidak nyaman untuk beraktivitas apalagi ke luar rumah dan terpapar sinar matahari. Kulit akan terasa perih di beberapa bagian. Hal ini bisa saja terjadi jika kamu menggunakan skincare yang mengandung pewangi.

Beberapa jenis pewangi seperti minyak esensial dan aromatik adalah penyebabnya. Kamu akan langsung merasakan reaksi alergi hingga menimbulkan iritasi pada kulit dalam jangka waktu yang cukup cepat. Baunya memang wangi, tapi sudah siap menghadapi iritasi kulit yang sangat mengganggu?

 

2. Kulit menjadi lebih sensitif 

Awalnya kamu memiliki kulit yang normal, tapi setelah menggunakan produk skincare yang baru dibeli justru kulit mudah berjerawat dan gatal. Inilah bahaya skincare abal-abal yang sudah kamu beli, artinya kulit kamu jadi lebih sensitif.

Ketika kulit kamu jadi lebih sensitif akan sulit menggunakan perawatan kulit lainnya. Karena lapisan luar pada kulit sudah rusak dan kamu harus melakukan perawatan. Obat untuk mengatasi kulit sensitif pun tidak murah harganya. Ditambah lagi perawatan untuk memulihkan tidak bisa dilakukan dengan cepat.

 

3. Munculnya reaksi alergi kulit

Tahukah kamu bahwa kosmetik online berbahaya hingga krim perawatan wajah mengandung formalin? Fungsinya adalah untuk mengawetkan produk agar tampak bagus ketika sampai ke tangan pembeli. Tapi apa dampaknya pada kulit?

Reaksi alergi pada kulit adalah yang pertama dirasakan. Biasanya terdapat pada krim dan juga sabun mandi atau wajah. Berawal dari munculnya ruam hingga iritasi kulit adalah tanda alergi yang harus segera ditangani oleh dokter spesialis kulit.

 

4. Munculnya guratan pembuluh darah

Kulit yang menjadi tipis otomatis akan membuat pembuluh darah terlihat pada kulit. Mengerikan bukan bahaya skincare abal-abal, bukannya membuat kulit putih dan bebas dari bekas luka justru akan membuat pembuluh darah terlihat dalam bentuk guratan.

Masalah ini sering timbul ketika menggunakan krim pemutih bersteroid. Tak hanya itu saja, efek samping lain yang bisa muncul adalah strecthmark serta tumbuh bulu halus di bagian area kulit yang sering dioleskan dengan krim tersebut.

 

5. Keracunan pada sistem organ tubuh

Selain produk krim, bahaya skincare abal-abal yang berbentuk sabun dengan banyak busa bisa merusak sistem organ pada tubuh. Contohnya hati hingga menimbulkan kanker. Hal ini disebabkan kandungan Diethanolamine atau DEA yang terlalu tinggi di dalamnya.

DEA biasanya terdapat pada beberapa produk kosmetik dan pembersih wajah yang fungsinya menciptakan busa. Serta beberapa produk rambut berbentuk foam seperti spray rambut. Kulit akan terkontaminasi dan organ pada tubuh akan teracuni.

 

6. Gangguan pada hormon

Bahaya skincare abal-abal yang harus diwaspadai oleh wanita adalah terjadinya gangguan hormon. Baik itu kamu yang sedang merencanakan kehamilan atau saat ini sedang mengandung. Susah hamil atau janin terganggu kesehatannya juga bisa berasal dari penggunaan skincare abal-abal.

Kandungan paraben dalam produk kecantikan seperti pembersih wajah, lotion, atau kosmetik adalah penyebabnya. Produk abal-abal tentu saja tidak akan menjelaskan secara detail kandungan ini apalagi jumlah yang digunakan. Jadi terus berhati-hatilah.

 

7. Kulit berubah jadi biru kehitaman

Kamu tidak mengetahui apa saja bahan yang digunakan dalam krim abal-abal. Jika ternyata kandungan hidroquinon sangat tinggi bahkan di atas 4% maka akan sangat berbahaya. Dampaknya adalah kulit akan berwarna biru kehitaman.

Hal ini disebabkan oleh enzim penghasil melanin sudah mati dan kulit tidak terlindungi dari sinar uv. Alhasil kulit menjadi mudah berwarna kehitaman dan bisa terkena kanker kulit.

Demi menghindari hal tersebut akan lebih baik jika kamu mengetahui daftar skincare yang mengandung merkuri, formalin, hidrokuinon, steroid dan bahan lain yang berlebihan. Dengan begitu akan lebih mudah mendapatkan skincare yang aman untuk perawatan.

 

akibat skincare abal-abal

 

Tips Memilih Produk Skincare yang Terpercaya dan Aman, Hindari Bahaya Skincare Abal-abal

 

Kamu bisa menghindari bahaya skincare abal-abal dengan mengetahui daftar skincare berbahaya yang mengandung zat-zat di atas. Tapi akan lebih mudah lagi jika tahu seperti apakah krim perawatan kulit abal-abal.

Perbedaannya bisa dilihat secara langsung dari ciri-ciri bentuk krim tersebut. Seperti apa ciri-cirinya? Kamu bisa ikuti tips memilih skincare yang aman berikut ini.

 

Ciri Skincare Abal-abal: Warna mengkilap, lengket dan berbau

Ciri utama dari krim abal-abal adalah warnanya yang mengkilap dan mencolok. Ketika dioleskan atau disentuh akan terasa sangat lengket. Padahal krim yang asli tidak akan lengket dan justru terasa segar ketika digunakan.

Tak hanya itu saja, krim abal-abal juga akan menimbulkan bau menyengat seperti logam. Artinya zat organik di dalamnya sangat tinggi.

 

Produk sudah terdaftar di BPOM

Cara paling mudah adalah dengan mengamati label pada kemasan skincare. Produk harus terdaftar pada BPOM dan memiliki nomor serial yang asli. Kamu bisa mengecek apakah nomor tersebut asli di web BPOM yang artinya produk tersebut sudah aman digunakan.

 

Memilih yang sesuai dengan masalah kulit

Mengapa banyak yang tidak sadar akan bahaya skincare abal-abal adalah karena tawaran keberagaman khasiat yang dimiliki. Padahal menggunakan satu jenis skincare yang tepat untuk masalah kulit yang diatasi saja sudah cukup, Semakin banyak khasiatnya justru terlihat mencurigakan.

 

Cek komposisi pada bahan yang digunakan

Setiap label produk pasti terdapat bahan apa saja yang digunakan. Kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada bahan organik yang digunakan. Akan lebih baik jika kandungannya adalah bahan alami yang tidak berbahaya.

Menghindari bahaya skincare abal-abal adalah hal wajib yang harus kamu lakukan. Supaya kulit tetap terawat dengan baik, jika perlu lakukan saja perawatan secara alami dengan rutin. Hasilnya memang tidak instan tetapi tidak membahayakan kulit.

Post Comment

Open chat
Tanya Kami By Chat WA
Hallo ada yang bisa kami bantu