Search by category:
Tips

9 Tips Memilih Skincare yang Aman Untuk Kulit

Zaman sekarang tren kecantikan semakin berkembang pesat. Mulai dari tutorial make up hingga penggunaan skincare yang tengah digandrungi para remaja. Bahkan skincare tidak lagi hanya sekedar tren saja tapi menjadi kebutuhan. Selain dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan awet muda, ternyata produk ini di lain sisi juga bisa merusak kulit seseorang. Oleh karena itu, simak tips memilih skincare yang aman berikut.

Skincare sendiri ada banyak jenisnya, aman atau tidaknya untuk kulit tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga sebelum menggunakan skincare ada baiknya untuk mengetahui jenis kulit terlebih dahulu.

tips memilih skincare aman

Tips Memilih Skincare yang Aman

Bagi kamu yang tertarik menggunakan produk kecantikan satu ini, ada baiknya untuk mengetahui tips memilih skincare yang aman untuk kulit kamu terlebih dahulu

1.      Telah Memiliki Izin BPOM

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah apakah produk skincare yang kamu pilih telah memiliki izin BPOM dan memiliki nomor seri yang bisa kamu cek di website resmi. Nomor seri tersebut biasanya terletak di belakang pada kemasan dengan letak barcode.

Walau tidak semua produk yang belum lulus uji BPOM berbahaya, tetapi ada baiknya untuk berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya itu saja, kamu tetap harus waspada sebab beberapa oknum terkadang memasukan izin BPOM. Sehingga, sangat disarankan untuk membeli produk skincare di toko resmi produk skincare tersebut.

2.      Pilih Produk yang Sesuai Jenis Kulit

Tips kedua yakni menyesuaikan skincare dengan jenis kulit. Seperti yang kita ketahui jika terdapat 5 jenis kulit. Diantaranya normal, berminyak (oil), kering (dry), sensitif, dan kombinasi (combination).

Jenis kulit normal kebutuhan skincarenya cenderung sederhana. Walaupun begitu tetap saja jenis kulit normal membutuhkan perawatan yang rutin.

Berbeda dengan kulit kombinasi yang justru membutuhkan dua jenis skincare sekaligus. Menggunakan skincare untuk kulit berminyak pada bagian kulit wajah yang berminyak, serta menggunakan skincare untuk kulit kering pada bagian wajah yang kering.

Pada umumnya jenis kulit kombinasi terdiri dari kulit wajah yang kering serta kombinasi T-Zone yang berminyak.

3.      Pahami Masalah Kulit kamu

Sebelum menggunakan skincare, selain mengetahui jenis kulit kamu juga perlu memahami masalah kulit kamu.  Misalkan masalah kulit berjerawat, baik kulit kering ataupun berminya kedua jenis kulit tersebut tetap saja berpotensi berjerawat.

Formula yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit dan untuk menyembuhkan jerawat pastilah berbeda. Oleh sebab itu, memahami masalah kulit merupakan salah satu tips memilih skonct yang aman untuk kulit.

Hal ini sangat penting karena apabila kamu tidak mengetahui jenis kulit kamu dan memilih asal produk skincare bukan tidak mungkin justru akan menimbulkan efek samping pada kulit kamu.

4.      Perhatikan Komposisi Produk

Tips memilih skincare yang aman untuk kulit selanjutnya yaitu memperhatikan dengan teliti bahan atau komposisi yang digunakan skincare tersebut. Hal ini biasanya dilakukan apabila pada kemasan produk skincare tidak tertera mengenai keterangan produk yang ditujukan untuk jenis kulit. Memperhatikan kompisi atau bahan produk skincare dapat membantu kamu menghindari reaksi alergi yang mungkin saja terjadi.

Biasanya jenis kulit normal tidak memiliki pantangan produk yang perlu dihindari. Berbeda dengan jenis kulit yang kering sangat disarankan untuk menghindari produk yang memiliki kandungan alkohol, sedangkan kulit berminyak lebih baik menghindari produk oil-based. Terakhir kulit sensitif dianjurkan untuk menghindari dengan pewangi serta berbahan alkohol.

Jadi, setelah kamu mengetahui jenis kulit kamu. Jangan lupa untuk memperhatikan komposis produk skincare yang kamu inginkan.

5.      Perhatikan Tanggal Expired

Pada umumnya produk skincare rata-rata memiliki masa 6 hingga 12 bulan sebelum expired. Bahkan tidak jarang terdapat produk skincare yang expired hingga 24 bulan atau dua tahun.

Mengapa penting memperhatikan expired?

Sebab skincare yang telah expired bukan hanya tidak berguna lagi untuk kulit akan tetapi produk yang telah expired namun masih tetap digunakan akan memberikan efek samping pada kulit, menyebabkan penuaan dini, serta dapat mengakibatkan munculnya sel-sel kanker.

Jadi ada baiknya apabila skincare yang kamu miliki tidak lagi digunakan sementara belum expired diberikan kepada orang lain yang cocok dianggap cocok dengan skincare tersebut.

Namun, perlu kamu ingat jika ini hanya bisa dilakukan untuk skincare yang dijual secara bebas. Lain halnya dengan skincare yang didapatkan dari resep dokter.

6.      Pilih Produk yang Memiliki Kandungan Sunscreen

Tips memilih skincare yang aman yang tidak kalah penting adalah memilih skincare yang mengandung sunscreen. Sunscreen tidak boleh kamu lewatkan khusunya bagi kamu yang beraktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari.

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan efek negatif pada kulit. Diantaranya yaitu menyebabkan kerusakan lapisan epidermis kulit.

Perlindungan kulit dari sinar UV tetap dibutuhkan meskipun cuaca sedang mendung. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memilih produk yang mengandung pelembab dengan SPF untuk digunakan setiap hari.

7.      Lihat Testimoni

Apabila kamu merasa ragu untuk memilih produk skincare, salah satu tips yang dapat kamu lakukan yaitu melihat testimoni atau review beberapa orang yang telah menggunakan skincare tersebut.

Walau tidak bisa dijamin keakuratannya. Akan tetapi, setidaknya dapat memberikan kamu informasi untuk lebih mengetahui produk skincare tersebut

8.       Membeli dengan Cara Share in Jar

Tips memilih Skincare yang aman untuk kulit selanjutnya adalah mencoba skincare yang berbentuk share in jar. Cara ini untuk mengantisipasi jika produk skincare yang kamu pilih ternyata tidak cocok dengan wajah. Selain hemat cara ini menghindari kamu dari sifat boros jika pada akhirnya kamu tidak dapat menggunakan Skincare tersebut.

9.      Perhatikan Reaksi Kulit

Biasanya penggunaan suatu produk kecantikan memiliki reaksi pada kulit setiap orang berbeda-beda, termasuk skincare. Memiliki kulit yang kering bukan berarti semua skincare yang cocok untuk jenis kulit kering cocok dengan kulit kamu. Maka tips memilih skincare yang aman yakni memperhatikan reaksi skincare tersebut pada kulit kamu.

Walaupun skincare terkadang tidak memberikan reaksi secara langsung. Cocok atau tidaknya skincare pada kulit kamu dapat menghabiskan waktu beberapa minggu bahkan bulan. Oleh karenanya, jangan pernah mengharapkan hasil yang instan dari produk tersebut.

Apabila skincare yang kamu gunakan tidak memberikan efek samping pada kulit maka gunakanlah secara rutin dan lihat hasilnya dalam waktu beberapa bulan. Karena produk skincare yang tepat akan membuat wajah menjadi sehat dan terawat.

Namun, apabila terjadi alergi serta timbul kemerahan, sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Tonton Video ini Agar Kamu Tepat Dalam Memilih Skincare yang Aman

 

Di atas adalah beberapa tips memilih skincare yang aman untuk kulit yang berhasil dirangkum. Memilih produk skincare memang dapat dikatakan tidaklah mudah. Be smart untuk memilih produk skincare dan gunakan secara bijak. Jangan sampai skincare yang kamu harapkan menjadi investasi justru merugikan di kemudian hari. Pilihlah skincare yang aman serta terpercaya.

Post Comment

Open chat
Tanya Kami By Chat WA
Hallo ada yang bisa kami bantu