Search by category:
Tips

Tips Memilih Produk Pembersih Wajah Untuk Kulit Berjerawat

Memiliki wajah berjerawat memang tidaklah menyenangkan, apalagi ditambah kulit yang berminyak membuat kita menjadi tidak PD menjalani aktivitas sehari-hari, terutama bagi seorang wanita. Salah satu solusi mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat. Apakah kamu sudah tau sabun buka yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat? Kalau belum, silahkan simak cara memilih pembersih wajah berjerawat di bawah ini.

Dalam mengatasi wajah berjerawat kita tidak boleh asal-asalan memilih produk. Apalagi di luar sana sudah banyak bertebaran sabun dan kosmetik berbagai merek baik buatan lokal maupun negara sebrang. Bukannya semakin baik, memilih pembersih wajah berjerawat yang salah malah membuat kondisi wajah kita semakin parah.

Apalagi nih, zaman sekarang sudah banyak orang yang membuat konten Youtube tentang review sabun muka untuk jerawat. Hal itu membuat kita terkadang terlena ingin mencoba produk ini dan itu. Padahal setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda dan tentunya butuh penanganan yang berbeda pula.

Penangan kulit berjerawat memang membutuhkan perhatian yang extra. “Jadi produk apa yang tepat untuk kulit saya?” Girls, bukan cuma kamu yang dilema tentang hal ini. Di luar sana banyak yang memiliki nasib seperti kamu. Tapi tenang, mungkin dengan tips ini kamu bisa menentukan produk pembersih kulit berjerawat apa yang cocok untuk kamu.

 

Memilih Produk Pembersih Wajah Untuk Kulit Berjerawat

Memilih produk yang cocok memang tidak mudah, untuk itu perhatikan tips memilih produk yang cocok untuk jenis kulit kamu berikut ini.

1.          Cari Tau Penyebab Timbulnya Jerawat

Ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat. Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa tipe kulit setiap orang itu berbeda-beda, begitupun dengan masalah jerawat. Penyebab timbulnya jerawat ada beberapa macam seperti faktor hormon, kulit kering, kulit berminyak, kulit iritasi, dan sensitif.

Tentu kamu tau bukan, kulit kamu tipe kulit seperti apa? Jika kulitmu terkelupas berarti kulit kamu sedang iritasi, kalau kering itu tandanya kulit kamu dehidrasi, kulit yang memerah artinya sensitif dan kulit yang berminyak tentu saja kulit kamu mengandung minyak yang berlebih. Begitu juga dengan faktor hormonal biasanya terjadi karena tanda haid.

Memilih Pembersih Wajah Berjerawat

2.         Memilih Pembersih Wajah Berjerawat yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Setelah kamu tau jenis kulit kamu seperti apa, saatnya memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

  • Cream Cleanser – untuk kulit iritasi
  • Gel cleanser – untuk kulit iritasi, kering dan berminyak
  • Sabun yang mengandung Enzim buah – untuk kulit yang memiliki bekas jerawat dan sel kulit mati yang menumpuk.
  • Sabun wajah cair – untuk kulit super berminyak dan kotoran yang menumpuk

3.         Jangan Gunakan Sabun  dengan Busa yang Banyak

Jika kamu berpikir semakin banyak busa berarti semakin ampuh untuk membersihkan, maka kamu salah. Karena busa yang melimpah itu dikarenakan kandungan bahan kimia sodium sulfat yang jelas-jelas tidak baik untuk wajah berjerawat kamu. Busa dari sabun tersebut malah hanya akan membuat kulitmu menjadi kering dan mengakibatkan tumbuhlnya jerawat.

 

4.         Pilih Pembersih Wajah Khusus Kulit Berjerawat

Mungkin kamu sudah tau bahwa sudah banyak produk yang khusus menangani masalah kulit berjerawat. Pilihlah pembersih wajah yang mengandung BHA (seperti salicylic acid), hyaluronic acid, benzoyl peroxide, glycerin, AHA, argan oil. Mengapa demikian? karena kandungan tersebut bisa membasmi bakteri penyebab jerawat dan juga bisa mengontrol minyak berlebih hingga ke pori-pori kulit kamu. Jadi sebelum membeli produk pembersih jerawat, usahakan kamu memperhatikan kandungan yang ada di dalam produk tersebut.

 

5.         Jangan Pilih Produk yang Mengandung Alkohol

Selain memilih produk khusus jerawat, kamu juga harus menghindari produk yang mengandung zat-zat yang bisa membuat kulit kamu semakin parah.  Kandungan tersebut seperti alcohol, mineral oil, petroleum jelly, dan lanolin. Jadi jangan sampai kamu membeli produk yang mengandung zat-zat tersebut ya girls, kasihan loh kulit cantik kamu.

 

Bagaimana, apakah tips memilih pembersih wajah berjerawat di atas membantu kamu dalam menangani masalah kulitmu? Akan tetapi jika kamu merasa sudah melakukan hal yang tepat namun jerawat kamu tidak juga hilang, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter kulit yah. Semoga bermanfaat.

Post Comment

Open chat
Tanya Kami By Chat WA
Hallo ada yang bisa kami bantu